Rabu, 28 Juli 2010

Catatan: Pameran dan Workshop “TIGA GENERASI” Di Aula Unpas Setiabudhi.


Banyak hal yang dilakukan oleh sebagian orang dalam mengembangkan dan memperkenalkan berbagai kemampuan dan keahlian dalam bidang fotografi yang dimilikinya kepada orang lain, salah satunya dengan mengadakan kegiatan pameran dan workshop fotografi. Kegiatan pameran fotografi merupakan ajang atau bentuk pengenalan seorang fotografer melalui bentuk karya-karya fotografi. Dengan adanya pameran dan workshop fotografi tentunya diharapkan menjadi motivasi dan dorongan bagi para pencinta fotografi dalam berkaya, serta bagi para pengunjung pameran dapat memahami dan mengapresiasi karya-karya fotografi yang ditampilkan dari berbagai sudut pandang.
Oleh karena itu dalam rangka mengisi kegiatan Dies Natalis Universitas Pasundan yang ke 49 tahun, beberapa dosen Fakultas Ilmu Seni dan Sastra dari program studi Desain Komunikasi Visual dan program studi Fotografi dan Film, diantaranya Heriwanto, S.Sn., M.Si., Drs. M. Ohan Mahria., Drs, Djoni Djauhari menyelenggarakan kegiatan Pameran dan Workshop Fotografi “Tiga Generasi” dengan tema “Pemanfaatan Media Komputer sebagai Penunjang Pengembangan Kreativitas”.


Kegiatan pameran dan workshop fotogarfi yang berlangsung pada tanggal 30 November 2009 s.d 2 Desember 2009 ini, dibuka oleh Pembantu Rektor 1 Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusup Sp, M.Si., dan dihadiri oleh sebagian pimpinan fakultas, program studi, mahasiswa dilingkungan Universitas Pasundan, rekan-rekan media cetak dan elektronik serta tamu undangan.
Menurut ketua pelaksana pameran dan workshop fotografi “Tiga Generasi” Heriwanto mengatakan, bahwa kegiatan pameran dan workshop fotografi ini diharapkan akan menjadi motivasi bagi mahasiwa mahasiswi dan rekan-rekan pencinta fotografi serta menjadi ajang silaturahmi bagi para insan fotografer dan seniman foto dari tiga generasi di Indonesia dalam rangka bersama-sama mengembangkan kreativitas fotografi yang lebih maju lagi dengan menggunakan media kamera dan komputer sebagai penunjang dalam berkarya.
Selain itu juga karya fotografi yang ditampilkan semuanya merupakan hasil olah komputer dengan berbagai karakter dari masing-masing fotografer yang semuanya memanfaatkan media komputer sebagai penunjang kreativitas karya fotografi. Seperti pada karya Heriwanto menampilkan berbagai aktivitas manusia, benda yang ada di lingkungan sekitar dengan gaya foto ekspresif dan figuratif.


Pada karya foto yang dibuat M. Ohan Mahria menampilkan berbagai aktivitas realitas kehidupan di masyarakat dengan gaya fotografi salon yang dipadu dengan berbagai sentuhan kaya akan warna.
Sedangkan pada karya Djoni Djauhari lebih menekankan komputer sebagai media utama dalam penunjang pembuatan karya fotografi yang dibuatnya pada era 80an. Namun apa pun yang telah dibuat oleh tiga fotografer tersebut, tentunya diharapkan dapat menambah khasanah baru dalam pengembangan bidang fotografi sekarang maupun yang akan datang. Hidup Fotografi!

2 komentar: