Kamis, 29 Juli 2010

Kamera Leica dan Perkembangannya

Sejarah perkembangan fotografi dunia tidaklah lengkap kalau kita tidak menyebut nama sebuah kamera buatan Jerman bernama Leica! Bagi sebagian kalangan fotografer, nama kamera Leica sudah tidak asing lagi dan melegenda. Kamera Leica dibuat oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Oscar Barnack yang bekerja sebagai karyawan pada sebuah pabrik kamera optik merk Leitz, sebagai seorang ahli dalam bidang mekanik yang merangkap sebagai kepala bagian desain dan pengembangan di perusahaan tersebut.

Kisah Leica bermula pada 1849 ketika Optical Institute milik Karl Kellner berdiri di Weltzar, Jerman, sebagai perusahaan yang menangani pengembangan lensa dan mikroskop. Karl Kellner meninggal dunia pada 1855 dan mitranya Friedrich Christian Belthle mengambil alih bisnis tersebut serta menikahi janda Karl. Nama perusahaan pun diubah menjadi Optical Institute Kellner and Belthle. Nama Oscar Barnack masuk menjadi karyawan Leitz Wetzlar pada 1911. Dalam perjalannya sebagai karyawan Leitz dan menjabat sebagai kepala desain dan pengembangan, ternyata ada keinginan untuk membuat kamera yang ringan, simple dan mudah dibawa. Sebenarnya jauh sebelum masuk ke Leitz, Oscar Barnack punya ide untuk mengurangi format negatif dan memperbesar foto setelah diekspos.

Pada tahun 1912 timbulah suatu ide gagasan baru fotografi didalam pikiran Oscar Barnack dengan konsep bahwa, bagaimana menghasilkan sebuah karya fotografi, dimana: Negatif kecil – Foto Besar, artinya bahwa dalam pembuatan karya fotografinya menggunakan bentuk negatif/klise yang kecil, tetapi bisa menghasilkan sebuah cetakan foto yang besar (bila dibesarkan). Kemudian dengan gagasan barunya tersebut, maka Oscar Barnack mematangkan ide dan gagasannya dan sekaligus menyiapkan alat-alat pendukung yang diperlukan untuk membuat sebuah konsep kamera yang ringan, kecil, mudah dibawa kemana-mana, bebas dari kaki tiga/tripod dan menggunakan film yang sama seperti pada film bioskop.

Maka pada tahun 1913, berkat persetujuan majikannya bernama Dr. Ernst Leitz, terciptalah kamera pengukur cahaya. Tujuan pembuatan utama pembuatan kamera saat itu adalah dipakai sebagai alat pengukur cahaya/light meter yang ekonomis dan praktis. Sehingga setelah melalui proses perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan, maka pada tahun 1914 lahir kamera pengukur cahaya pertama di Dunia, dengan kualitas luar biasa saat itu. Namun dalam perkembangan pembuatannya sempat terganggu akibat pecahnya Perang Dunia I.

Pada tahun 1920 Ernst Leitz meninggal dunia dan Ernst Leitz II menjadi pemilik tunggal bisnis tersebut. Empat tahun kemudian Ernst Leitz II memutuskan untuk meluncurkan kamera 35 mm yang dibuat oleh Oscar Barnack dan lahirlah Leca singkatan dari Leitz Camera, yang tidak lama kemudian dikukuhkan namanya menjadi Leica. Di saat bersamaan Ernst Leitz III bergabung dalam perusahaan tersebut. Setahun kemudian kamera Leica pun beredar di pasaran saat Pameran Musim Semi Leipzig. Leica I, Luxus, dan model Compur diproduksi dan dipasarkan hingga 1932. (dari berbagai sumber).

1 komentar:

  1. Menarik juga ya sejarahnya..
    Kebetulan lagi search soal kamera yang rencananya bakal pake buat foto produk review gadget, eh tapi kok malah nemu sejarahnya..

    Hihihi :D

    BalasHapus